Kamis, 07 April 2016

5 Jenis Sifat Unik Traveler

Too Religious (Rely)

4 Jenis Sifat Traveler Unik
http://www.freeimages.com/photo/different-steps-in-prayer-2-1432822

Rely sangat religius, pokoknya kalau travel gak mau jauh-jauh dari mesjid dan mushola. makanya dia sangat sulit untuk diajak travel naik gunung karena di gunung sulit ditemukan masjid. Dia lebih memilih air untuk digunakan wudhu dibandingkan untuk minum, terkesan berlebihan sih tapi memang seperti itu orangnya. Padahal sebenarnya, kita bisa tayamum dalam kondisi darurat.

Bahkan selama perjalanan terkesan menyusahkan diri-sendiri. Kalau dalam perjalanan kan bisa dilakukan solat jama' qasar sedangkan dia berprinsip bahwa, "Kalau bisa solat tepat waktu kenapa mesti di jama' qasar.".

Rely memilih makanan sangat detail, apakah halal atau haram. Walaupun ada label halal MUI, dia masih memperhatikan apakah pembuat makanannya Muslim,  bahkan ada beberapa merk makanan yang tidak akan dia makan, karena menurutnya perusahaan tersebut berkontribusi terhadap kemakmuran Israel yang menindas Palestina. Pernah sekali dia tidak sengaja makan makanan yang wajannya juga digunakan untuk menggoreng makanan haram. Dia pun langsung memasukkan jemarinya ke mulutnya hingga dia memuntahkan makanannya.

Walau bagaimanapun, Rely selalu mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan YME ketika melihat pemandangan-pemandangan yang indah. Dia pun seperti alarm agama, yang mengingatkan kita dalam segala tindakan dan perbuatan, namun dia tidak pernah memaksa kita melakukan apa yang dia yakini benar. Dia orangnya berprinsip kuat dan kokoh terhadap pendiriannya.

Too Sterile (Tery)

http://www.freeimages.com/photo/warm-thoughts-1309811

Terlihat dari namanya orang ini sangat menjaga kebersihannya baik itu apa yang dia makan atau apa yang dia kenakan. Tery menginginkan makanan yang sangat bersih dan bergizi tentunya. Kalau makan bareng Tery, pasti dia memilih di tempat-tempat yang mahal, karena menurut dia semakin mahal makanan maka semakin mereka memperhatikan kebersihannya.

Teri sering membawa antiseptik di tasnya, sebelum makan dia semprotkan antiseptik ke tangannya, dia pun sering mengelap garpu dan sendok dengan tisu sebelum makan. Teri tak suka mencuci tangan dengan kobokan, dia hanya mau cuci tangan di wastafel dengan menggunakan sabun.

Kebersihan berkorelasi dengan kesehatan tentunya. Maka Tery pun menjaga kesehatannya terhadap serangan penyakit dengan menyediakan obat-obatan di dalam tasnya saat traveling. Obat anti mabuk, obat pusing, obat maag, pembalut luka, obat pencahar, obat nyamuk, pokoknya dia seperti apotik yang berjalan.

Orang biasanya mandi dua kali sehari. Sedangkan dia bisa mandi  5 kali sehari bahkan lebih. Jika keringat dia akan mandi dan ganti bajunya. Oleh karena itu, Tery biasa membawa barang-barang yang terlalu banyak saat traveling.

Ada enaknya traveling bareng Tery, orangnya sangat royal dan tidak itung-itungan. Kantongnya tebal, tak heran dia juga disebut ATM berjalan. Dia pun disebut dengan bunga traveling karena dia cantik. Ternyata kecantikan memudahkan dia dalam traveling, dia lebih mudah dibantu oleh orang-orang. 

 

Too Poor (Tupur)

http://www.freeimages.com/photo/cowboy-1236820

Tupur adalah orang yang paling gak modal kalau traveling. Kalimat pamungkas yang sering dia ucapkan jika tidak punya duit: "Bayarin dulu deh entar gue ganti.". Berkebalikan dengan Tery dia lebih sering makan-makanan murah asal bisa masuk perut dan jadi energi. Dia gak pilih-pilih makanan. Pernah dia mendapatkan ulat di sayuran mie ayam, dia menunjukkan ulat itu ke kita, lalu dia buang. Tapi dia masih menghabiskan sisa mie ayamnya.

"Lu gak takut sakit perut?", tanya kami.

"Ah, selama kita gak punya sugesti sakit perut, gak akan sakit perut coy...", jawab dia.

Tupur bisa tidur dimana saja. Dia bisa tidur di lantai yang dingin hanya berbantalkan lengannya, dan berselimutkan sarung tipis. Jika Tery terbiasa membawa pakaian yang banyak, Tupur bisa bertahan dengan sepasang pakaian dalam waktu satu minggu. Pakaian Tupur sangat sederhana dan dia biasa beli di pasar tradisional, namun dia tetap percaya diri dengan apa yang dia kenakan dan apa yang dia kerjakan.

Dibalik kekurangannya,Tupur memiliki kelebihan.Tupur memiliki anti bodi yang kuat sehingga dia tahan terhadap cuaca apapun. Tupur pandai berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru dia kenal. Instingnya tajam seperti manusia purba. Pengalamannya sangat banyak, semua gunung-gunung tertinggi di Indonesia sudah dia daki. Takkan bosan ngobrol dengannya karena dia punya segudang cerita. Selain itu, Orangnya peka dan cepat membantu temannya dalam keadaan yang sulit. 

Too Analytical (Ana)

http://www.freeimages.com/photo/girl-with-smart-phone-1616794

Ana adalah orang ilmu sains dan matematika. Jadi apapun keadaannya, dia akan menggunakan ilmu yang dia miliki untuk menyelesaikannya. Ana adalah seorang yang memperhitungkan segala sesuatu. Dia merencanakan travelingnya secara detail, dari waktu, tempat, tujuan, biaya, peralatan, dan kendala-kendala yang kemungkinan akan dihadapi. Dia pun memiliki renacana A hingga rencana Z.

Ana selalu bertentangan dengan Tupur, dia selalu didukung oleh Tery. Kesulitan yang kami rasakan bersama Ana adalah kita terfokus kepada jadwal sehingga ketika kita menemukan hal-hal yang baru dan ingin lebih lama ditempat itu, Ana menegur kita untuk melanjutkan perjalanan untuk tetap pada rencana yang telah dijadwalkan.

Tapi kalau tidak ada Ana, kita traveling tidak tentu arah dan aku kesulitan mendapatkan penginapan dan tempat makan. Ana sering menulis saat traveling dan mengabadikan momen-momen yang terjadi dengan kameranya. Namun, Ana mudah panik ketika perjalanan tidak sesuai dengan yang dia rencanakan. Rely sering menengkannya dengan mengatakan, "Tidak semua yang kita rencanakan sama dengan rencana Tuhan."

Ana melengkapi gadgetnya dengan aplikasi-aplikasi traveler dari google map, waze, prediksi iklim cuaca, ketinggian dan lain-lain. Dia suka menyelesaikan masalahnya sendiri dan enggan bertanya kepada orang sekitar. Dia lebih percaya google dari pada orang sekitar. Dia pernah dibuat tersasar oleh google map. Namun, Tupur membantunya menemukan jalan.

 Too Stupid (Upi)

4 Jenis Traveler unik (Too Stupid)
http://www.freeimages.com/photo/will-walk-on-my-hands-1245938
Upi adalah orang yang paling bodoh diantara 5 orang ini. Namun, justru kebodohannya itu menjadi memberi warna dalam traveling. Orangnya gak pernah berselisih pendapat karena dia gak pernah punya pendapat dan orangnya ikut-ikutan aja. Dia orangnya pelupa. Ada-ada aja barang yang tertinggal saat traveling. Dia pernah ketinggalan celana dalam di kamar mandi penginapan.

Tupur berwajah bulliable (gampang di-bully). Dia pun tak pernah marah jika dikerjain kawan-kawannya. Lucu bukan karena dia orang yang suka melucu. Tapi karena kepolosan, kebodohan, dan kesialan yang sering dia alami. Dia pernah kehabisan air saat lagi BAB. Kalau difoto selalu dapet momen-momen yang jelek, ketika orang bergaya bagus, foto dia malah bermata terpejam. Dia pernah dikejar anjing, dipalak preman, digigit lintah di lokasi air terjun. Celananya pernah sobek ketika mendaki, badannya pernah gatal-gatal akibat ulat yang bersarang di bajunya, rambutnya pernah kejatuhan kotoran burung.

Dia memang konyol. Pernah suatu hari aku lihat dia mengantungi batu untuk menahan BAB. Padahal itu semua adalah hanya mitos belaka. Hantu gaib pun sering mengerjai dia. Pernah suatu saat dia sulit bangun karena seperti ditindih sosok gaib yang memiliki berat badan yang besar. Bahkan kecoa pun pernah menjahili dia. Upi adalah sosok yang bisa kita bilang bahwa, "Gak ada lu, gak rame."


Nah dari cerita diatas, kalian termasuk yang mana?
kalian juga bisa dapat informasi tempat-tempat wisata di medanwisata.com


7 komentar:

  1. Awak masuk yg too relaxed but too concerned. Blum ada diatas ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. too relaxed pasti seneng ke pantai, nyantai, dengan angin sepai-sepai

      Hapus
  2. "berwajah bulliable" xD

    awak ga jelas termasuk yang mana haha

    BalasHapus
  3. Kalo terlalu steril bawaannya jadi ribet aja ya hahaha. Dikit-dikit ngecek, dikit-dikit ngelap. Mungkin aku ada sedikit kemiripan sama tipe ini, walo kadarnya ngga "terlalu". Semisal terdesak ya hajar aja, boro-boro mikir higienis atau ngga. Hihihi :)).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti nama panjangnya Tery Molly, kak hehehe...

      Hapus
  4. Kalo terlalu steril bawaannya jadi ribet aja ya hahaha. Dikit-dikit ngecek, dikit-dikit ngelap. Mungkin aku ada sedikit kemiripan sama tipe ini, walo kadarnya ngga "terlalu". Semisal terdesak ya hajar aja, boro-boro mikir higienis atau ngga. Hihihi :)).

    BalasHapus