Kamis, 21 Januari 2016

Kenapa Kalau Makanan Padang yang Dibungkus Lebih Banyak Nasinya


Makanan Padang yang Dibungkus Lebih Banyak Nasinya

Kenapa makanan padang yang dibungkus itu lebih banyak nasinya dibandingkan dengan makan di tempat? berikut beberapa alasannya.

Menurut sejarah, dahulu kala yang makan di tempat makan adalah kaum bangsawan dan bangsa Belanda. Rakyat kecil ingin menikmati masakan tersebut. Kemudian pemasaknya diam-diam memberikan ke rakyat tersebut dengan porsi nasi yang banyak dengan dibungkus daun pisang. Tujuannya agar bisa dibagikan ke yang lain juga.


Ada juga yang bilang bahwa makanan yang dibungkus dengan porsi nasi yang banyak itu diberikan kepada para pejuang kemerdekaan yang akan melakukan taktik gerilya. Tujuannya agar mereka memiliki energy yang maksimal untuk berjuang.


Menurut beberapa pedagang, pemberian nasi lebih banyak ketika dibungkus adalah wajar karena mereka tidak menikmati fasilitas makan ditempat. Orang yang makan ditempat akan dilayani dan menggunakan piring dan gelas yang setelahnya harus dicuci. Mungkin karena itu porsinya dikurangi hehe..


Ada juga yang berpendapat jika disamakan porsinya dengan yang dibungkus maka banyak pelanggan yang tidak dihabiskan nasinya. Oleh karena itu, mereka menyajikan nasi dengan porsi yang sedang dengan menyedikan juga nasi tambahan.


Makanan padang yang dibungkus merupakan karakter dari bangsa Indonesia yang lebih mementingkan porsi nasi yang banyak dibandingkan dengan lauk pauknya. Contohnya, ada sebagian orang yang kalau nasinya habis duluan sedangkan lauk pauknya bersisa maka dia harus menambahkan nasinya lagi untuk mendampingi lauk pauknya masuk ke perut hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar