Jumat, 29 Januari 2016

Tombol Taubat


Tombol Taubat

Apakah kita pernah salah dalam mengetik di MS Office atau sms di handphone? setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan pengetikan. Tidak ada yang pernah seumur hidupnya menggunakan keyboard dengan ketepatan hingga 100%.


Lalu apa yang akan kita lakukan jika kita mengetahui apa yang kita ketik itu salah? Tentunya kita akan melakukan backspace atau menekan tombol delete. Baik itu di dalam pengetikan pada keyboard pc/laptop ataupun handphone.

Begitu juga dengan dosa. Kita akan selalu melakukan dosa karena kita manusia yang lemah. Allah swt mengetahui semua kondisi kita. Oleh karena itu, Dia menciptakan yang namanya tombol delete dalam kehidupan yaitu taubat. Dengan taubat kita bisa menghapus dosa yang kita lakukan. Seberapa sering dosa kita buat, dengan taubat pasti Allah swt akan mengampuni.

Taubat harus dilakukan terus menerus walaupun kita merasa tidak berbuat dosa. Melaksanakan solat lima waktu pun menunjukkan bahwa kita bertaubat. Bisa juga dengan sering mengucapkan istigfar.

Bukankah Setan tidak akan pernah berhenti untuk mengganggu kita sehingga kita berbuat dosa? Oleh karena itu, kita pun harus tak pernah berhenti melakukan taubat.

Jangan pernah putus asa terhadap rahmat Allah swt. Walaupun berkali-kali tak kuasa melakukan dosa, segeralah bertaubat. Hingga akhirnya kita mencapai yang namanya taubat nasuha.

Kamis, 28 Januari 2016

Menikmati Mie Aceh Titi Bobrok di Medan



Si Jon mengajak gw untuk makan bareng di Mie Aceh yang namanya Titi Bobrok di Medan. Setahu gw, arti Titi Bobrok adalah Jembatan Rusak. Tapi kata Si Jon, tempat makannya terkenal dan merupakan Mie Aceh paling enak di Medan.



Sampailah gw di Jl Setia Budi No 17D. Gw lihat banyak kendaraan yang berusaha untuk parkir di rumah makan tersebut. Sungguh ramai sekali. Sampai-sampai banyak mobil yang kesulitan untuk parkir disitu. Waktu itu hari malam senin, dan pengunjung rumah makan Titi Bobrok sangat banyak. Bangunannya tingkat dua dan luas. Untuk parkir motor telah tersedia di dalam dan tempatnya juga luas dan aman.

Mie Aceh Titi Bobrok Medan Tempat

Gw pun memilih untuk makan di lantai 2 karena lantai 1 telah penuh. Kalian bisa lihat  gambar, kedaanya sungguh sangat ramai.

Mie Aceh Titi Bobrok Medan Mushola

Rumah makan ini juga menyediakan kamar kecil (WC) yang cukup banyak. Disana juga terdapat mushola yang besar, sehingga pengunjung merasa nyaman. Ada juga tempat cuci tangan.

Dalam keadaan ramai, kita harus aktif meminta pesanan ke pelayan. Kita bisa menunggu pesanan 20 menit hingga 25 menit. Jadi kita mesti bersabar, dan memanfaatkan waktu tersebut untuk ngobrol bersama teman-teman.

Mie Aceh Titi Bobrok Medan Penyajian
Waktu tunggu terasa sebentar bila kita manfaatkan untuk ngobrol. Akhirnya, sajiannya pun datang. Gw memesan Mie Aceh Cumi. Selain itu, ada juga Mie Aceh Udang dan Kepiting. Rasanya benar-benar enak dan pas. Bumbu rempah-rempahnya terasa. Tidak seperti mie-mie yang lain yang terasa vetsin atau MSG-nya. Mie Aceh ini pun disajikan berbarengan dengan jeruk nipis, timun, bawang merah, dan emping. Selain memesan makanan kita pun bisa memesan berbagai jus disini. Jika berkunjung ke Medan kalian bisa rasakan sensasi Mie Aceh Titi Bobrok.

Harganya pun tidak terlalu mahal. Berikut struk hasil pembelian kami ketika makan di Mie Aceh Titi Bobrok.

Mie Aceh Titi Bobrok Medan Struk



Rabu, 27 Januari 2016

Mouse Wireless Bagus dan Awet Lenovo



Mouse Wireless Bagus dan Awet Lenovo Kemasan
Berikut akan saya ulas mengenai mouse optik wireless Lenovo N3903. Saya beli mouse tersebut di toko komputer dengan harga 100rb. Harga mouse optik wireless logitec lebih mahal. Ada juga yang lebih murah, namun kemasan dan body-nya kurang menarik.

Saya memilih mouse wireless ini karena kemasannya yang bagus. Didalam kemasannya pun terdapat 2 baterai enegizer. Kemasan mouse lain hanya dimasukkan ke dalam kotak kecil.

Mouse Wireless Bagus dan Awet Lenovo Bagian Depan
Warna mouse ini biru metalic mengkilat memberi kesan elegan. Body-nya cukup ramping sehingga mudah untuk di pegang. USB dongle-nya pun ukurannya sangat kecil. Jadi hati-hati bila usb dongle-nya terlepas dari komputer, kita akan sulit menemukannya bila hilang.

Mouse Wireless Bagus dan Awet Lenovo Bagian Belakang
Bagian belakangnya terdapat logo lenovo.

Mouse Wireless Bagus dan Awet Lenovo Bagian Bawah

Dibagian bawah terdapat plastik yang tertanam dalam body yang fungsinya untuk membantu melepaskan baterai ukuran AAA. Untuk mengaktifkan mouse tersebut harus menggunakan sepasang baterai AAA. Ada juga ruang untuk menaruh usb dongle.

Sejauh ini saya nyaman memakai mouse ini, bagian bawahnya licin sehingga mudah digerakkan, mudah digenggam, dan menekan klik tidak perlu terlalu keras.

Demikian review tentang mouse wireless optik lenovo. Semoga informasinya bermanfaat bagi yang sedang mencari mouse wireless. Terimakasih.


Capo Gitar Alice Bagus dan Murah

Capo Gitar Alice Bagus dan Murah

Banyak pilihan capo tapi kemarin saya lebih memilih Alice. Saya beli capo merk Alice di gramedia, harganya pun terjangkau, Rp62,000. Sebelumnya saya menanyakan di toko musik pinggir jalan, mereka menawarkan harga Rp75,000 dan saya tawar harganya mentok di Rp65,000. Sebenarnya ada juga capo yang lebih murah namun jenisnya berbeda. Saya pernah beli di toko musik yang harganya Rp45,000 namun saat ini barang tersebut sulit ditemukan.

Pemasangannya cukup mudah, sama seperti memasang jepitan jemuran hehe.. dan capo alice menekan dengan sempurna gitar di fret board. Demikian, penjelasannya dari saya, semoga bisa menambah reverensi temen-temen yang akan beli capo untuk gitarnya. Terimakasih.



Capo Gitar Alice Bagus dan Murah

Selasa, 26 Januari 2016

Cara Memasang Nut Gitar dengan Benar

Berikut saya jelaskan cara memasang nut dengan benar. Terkadang saya juga ragu untuk mesangnya, karena takut terbalik dan berpengaruh terhadap suaranya.

Berikut tipsnya.

Cara Memasang Nut Gitar Pada Body
Posisi bagian nut yang melengkung selalu mengarah ke bagian asal senar. Posisi nut paling tebal atau tinggi terletak di senar gitar nomor 6 atau di senar gitar paling tebal.

cara memasang nut pada head gitar
Bagian yang rendah pada nut mengarah pada bagian head. Demikian cara memasang nut dengan benar. Semoga tips ini membantu. Terimakasih.

Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah

Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah dan rapih


Kemarin gw baru membeli senar nylon merk Anderson. Reviewnya bisa dilihat ditulisan gw sebelumnya.  Pertama pastikan dulu gitar lu adalah gitar klasik, cirinya adalah fretnya lebih lebar. Jangan pernah menggunakan gitar string steel di gitar klasik karena bisa menyebabkan fret board lama-kelamaan bengkok.

Baca juga: Review senar gitar klasik anderson


Lansung aja, gw jelasin berdasarkan urutan gambarnya.

Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian bridge
Masukkan senar gitar dari depan seperti gambar diatas.
Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian bridge
Masukkan ujung senar ke dalam lingkaran senar seperti gambar diatas.
Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian bridge

Sekali lagi, masukkan ujung senar ke dalam lingkaran senar seperti gambar diatas. Tarik senar dari sisi kanan dan kiri secara bergantian hingga terikat sempurna.
Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian Head
Kemudian dibagian head (kepala), ikat ujung senar dua kali.

Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian Head
Putar senar berlawanan arah jarum jam seperti pada gambar. Semakin diputar maka ikatan di bagian bridge atau body akan semakin kuat. Lakukan hal sama terhadap senar gitar lainnya.

Cara Memasang Senar Gitar Nylon dengan Mudah bagian Bridge

Jika senar terlalu panjang maka bisa dipotong dengan gunting kuku. Demikian cara memasang senar gitar nylon ala catatanhisyam.com. Semoga bermanfaat, jika kurang jelas bisa hubungi saya. Terimakasih.

Review Senar Gitar Klasik Anderson

Review Senar Gitar Klasik Anderson (Rekomended)

Kemarin gw beli senar gitar klasik. Disitu banyak pilihannya, ada yang merek piramid, legacy, yamaha, dan d'addario.

Piramid merupakan senar gitar yang paling murah dan paling standar.

Senar merk legacy menawarkan pick gratis dengan harga sekitar 30rb.

Sedangkan senar merk yamaha, dijual dengan harga 55 rb di toko musik. Gw ragu untuk beli karena kemasannya plastik dan kurang enak dilihat.

Saya pun pergi menuju di gramedia. Disana banyak pilihan jenis-jenis gitar klasik.

"Mas ada gitar nylon yang bagus gak?"

"Ada mas ini.."

Karyawan gramedia nunjukkin merk gitar D'addario

Ketika melihat harganya, buset dah ratusan ribu. Harganya setelah dari gitar second yang baru gw beli hehe.. Tapi gw sangat yakin D'addario paling bagus kualitasnya. Kalau gw udah kebanyakan duit dan bener-bener jago maen gitar pasti gw beli tuh hehe..

Akhirnya pilihan gw jatuh ke senar gitar merk Anderson. Harganya terjangkau, Rp47,500. Kemasannya bagus, masing-masing senar dikemas pelastik dan diberi keterangan nomor senar. lalu dikemas lagi dalam kotak karton cantik.

Review senar gitar klasik anderson
Dibelakang kemasan diberi keterangan tentangnya senarnya.

Review senar gitar klasik anderson kemasan pelastik
Warna senar nylonnya nomor 1,2,3 hitam. Sedangkan Senar nomor 4,5,6 berwarna kuning keemasan. Sehingga jika dipasang di gitar kelihatan bagus dan menarik.

Selain itu kelebihannya adalah ujung senarnya ada yang dibuat fleksibel (tidak kaku) sehingga mempermudah dalam pemasangan gitar.

Setelah senar gitar dipasang semua, kualitas suaranya pun enak dan bagus. Saya tidak kecewa telah memilih senar gitar klasik Anderson. Semoga informasi ini bermanfaat bagi siapa saja yang sedang mencari pilihan gitar klasik.

Silahkan Baca: Cara memasang senar gitar klasik dengan mudah

Cara Membersihkan Gitar Kotor dengan Mudah


cara membersihkan body gitar yang kotor

cara membersihkan fret board yang kotor

Saya membeli gitar clasic yamaha C-315 second dalam keadaan kotor. Untuk itu saya mencoba membersihkan dengan cara saya. Dan hasilnya gitar bersih dan tidak merusak kualitas suaranya.

Berikut cara membersihkan gitar kotor metode saya:


  1. Lepaskan senar 
  2. Bersihkan seluruh gitar dengan lap kering termasuk ke dalam body gitar (sewaktu saya bersihkan banyak sarang laba-laba hehe)
  3. Basahkan kanebo, dan lap seluruh permukaan gitar
  4. Untuk bagian yang sulit dijangkau maka gunakan sikat gigi bekas yang telah dibasahi oleh larutan detergen. 
  5. Bagian fret board gitar sangat tebal kotorannya (daki), saya pun menggosoknya dengan menggunakan garpu karena saya tidak menemukan amplas (kertas pasir) di kostan saya.
  6. Bersihkan bekas sabun dengan kanebo yang basah
  7. lap permukaan gitar yang basah dengan lap kering bersih. Lalu biarkan gitar hingga kering.
  8. Jangan langsung menjemur gitar di sinar matahari, karena bisa menyebabkan kayu gitar retak
  9. Agar hasil mengkilat lap gitar dengan minyak kayu putih (Jika anda masuk angin juga bisa di lap sekalian hehe..)

Sabtu, 23 Januari 2016

Kolam Renang Cemara Asri Medan



Kolam Renang Cemara Asri Medan


Alamat Lokasi
Komplek Cemara Asri Medan
Tiket Masuk
Rp25,000 (hari Libur)
Jam Operasional
06:00 – 20:00
Ukuran Kolam
50m x 25m (Dewasa)
Kualitas air
Sangat baik
Ruang bilas
Baik
WC
Cukup bersih
Pos Pengawas
Ada
Kedalaman air
0.25 m, 0.5, 1 m, dan 2.3 m
Mushola
Ada
Lemari/Locker
Tidak Ada
Kantin
Ada


Kolam Renang Cemara Asri Medan (aturan)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Kolam Besar)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Kolam Kecil)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Kolam Sedang)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Mushola)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Pos Pengawas)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Ruang Bilas)
Kolam Renang Cemara Asri Medan (Ruang ganti)

Peta Lokasi

Jumat, 22 Januari 2016

Parameter Iman



Parameter Iman



  
Iman dan aman berasal dari kata bahasa arab yang sama jadi saling berhubungan. Jika seseorang beriman pasti dia memberikan rasa aman pada keluarganya, sahabatnya, tetangganya, bangsa, negara, dan lingkungannya.

Jadi bila mereka melakukan tindakan terorisme berdasarkan keimanan tentunya salah besar karena tindakan tersebut justru akan menimbulkan keresahan dan ketakutan. 

Jika Allah swt menginginkan semua orang beragama Islam dan taat maka Dia bisa lakukan. Namun, Allah swt sengaja membuat kita beragam untuk memilih diantara kalian yang paling bertaqwa. Bukankah setelah kehidupan di dunia ini ada kehidupan di akhirat yang merupakan hari perhitungan.

Ada orang-orang yang selama ini terjebak kedalam konsep keimanan yang salah. Mereka jadi mudah mengkafirkan orang lain. Padahal bisa saja orang tersebut kedepannya mendapat hidayah. Bukankah dalam Al-Quran kita harus menjadi rahmat bagi alam. 

Pemahaman yang berbeda mengenai fikih juga terkadang menjadi konflik. Janganlah sampai kita membenci saudara kita yang tidak sepaham, baik itu secara berpakaian maupun cara beribadahnya karena masing-masing memiliki dalil. 

Dibidang ekonomi apakah kita aman? Orang yang dikejar-kejar tagihan utang atau bunga tentunya merasa tidak aman. Oleh karena itu, konsep riba itu diharamkan dalam islam. Orang yang beriman juga akan membayar hutangnya secepat mungkin karena dia tidak ingin pemberi hutangnya cemas dan menunggu lama.

Dibidang social, menyedekahkan harta untuk membantu fakir-miskin yang tidak berdaya pun berkorelasi dengan keamanan. Tidak hanya harta, ilmu pun bisa kita berikan agar orang-orang bisa memanfaatkan ilmu atau keterampilan tersebut untuk mencari rezeki. Jika hal ini dilakukan maka akan mencegah orang-orang yang terpaksa bertindak kejahatan demi mencukupi kebutuhan hidupnya. 

Dibidang hukum, penegak hukum yang beriman akan berupaya untuk membuat aturan yang tegas terhadap tindakan kejahatan karena bisa mengganggu kestabilan bermasyarakat dan bernegara. Nah, apakah penegak hukum yang bisa disogok termasuk orang yang beriman?

Jika hati kita merasa tidak aman, maka kita pun harus berfikir apakah kondisi keimanan kita sedang lemah? Atau kita terlalu berburuk sangka kepada Allah swt. Padahal Allah swt akan bertindak sesuai dengan prasangka hambanya.

Yuk kita introspeksi terhadap diri sendiri . Apakah kita saling benci dalam keluarga? Apakah kita suka bergosip mengenai tetangga kita? apakah kita membiarkan sahabat kita kesulitan? apakah kita merusak lingkungan kita? 
 
Semoga kita menjadi orang yang terus meningkatkan keimanan kita sehingga memberikan rasa aman terhadap sesama. Aamiin...