Sabtu, 10 Januari 2015

Cara Membuat Brownies Kukus Lembut dengan Terigu Mila Serbaguna atau Segitiga Biru di Kostan



Didasari oleh undangan teman gw untuk datang ke rumahnya dalam acara natal. Gw pun mengusahakan untuk datang. Tenang saja masalah akidah gak akan tergoyahkan kok. Gw datang dengan niat untuk silaturhmi saja. Gak enakkan kalau diundang, gak datang. Lagian gw gak ada kerjaan juga di kostan.

Gw pun disana Cuma ngobrol-ngobrol terus makan pempek, lalu pulang.
Nah, saat datang ke sana. Tentunya gak enak juga kalau Cuma bawa tangan kosong. So, gw buat brownies dadakan saja di dalam kostan yang berukuran 3x4 meter. Kebetulan masih ada alat-alat demo pasar hehehe.

Ok Kawan, kali ini gw akan posting gimana caranya membuat brownies kukus.

Membuat brownies kukus gampang kok.  Berikut bahan-bahannya:
1)      Tepung terigu (Mila Sebaguna) 85 g
2)      Cokelat bubuk 50 g
3)      Telur utuh 5 butir atau 250g
4)      Kuning telur 2 butir
5)      Gula pasir 200 g
6)      Emulsifier (SP) 10 g
7)      Margarin 85 g
8)      Cokelat batang (Dark chocolate) 50 g




Pake tepung terigunya Mila Sebaguna yah, soalnya gw digaji dengan penjualan produk ini hehe… Sudah ada di supermarket-supermarket kok hehe… #Promosi. Bahan-bahan yang lain silahkan menggunakan merk-merk favorit kalian. hehe  

Alat yang gw gunakan: timbangan digital, kompor, tempat kukusan, loyang brownies, dan mixer (Philip)

Cara pembuatannya:
1)      Pertama-tama ucapkan bismillah dulu hehehe… Telur, gula, dan SP diaduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Fungsi kecepatan rendah adalah agar bahan-bahan larut, dan pemanasan mesin mixer. Kemudian kecepatan ditambah ke kecepatan maksimal hingga adonan kaku (cirinya, adonan mengembang, mulai terlihat garis-garis pada adonan, dan adonan mengalir jatuh secara perlahan dari pengaduk mixer.). Setelah kaku, mixing dengan kecepatan rendah selama 1 menit saja, untuk menghilangkan buble-buble (gelembung udara) yang berlebihan.


2)      Setelah itu, dimasukkan cokelat bubuk dan tepung terigu sedikit  demi sedikit. Aduk secara manual dan perlahan. Gerakan mengaduknya memutar pengaduk memutar ke atas dan ke bawah. Aduk hingga rata dan dengan kesabaran.



 3)      Selagi proses mixing adoanan. Kita cairkan margarine dan cokelat batang yang telah dipotong-potong. Proses pencairan bisa dengan, menaruh wadahnya di atas air yang sedang didihkan atau pemanasan langsung menggunakan api kecil atau menggunakan microwave. Namun, jangan sampai membuat cokelat margarine tersebut mendidih karena dapat merusak cokelatnya. Kemudian cairan cokelat margarine tersebut didinginkan hingga suhu kamar.



4)       Sebagian adonan (tepung & telur) yang telah kaku tersebut dimasukkan ke cokelat margarine cair. Aduk perlahan hingga rata. Kemudian adonan tersebut dimasukkan ke adonan utama dan diaduk manual perlahan hingga rata. Pastikan konsistensi adonan masih kaku setelah proses pengadukan. Adonan yang biasanya menghasilkan kue yang mengembang, sedangkan konsistensi adonan yang terlalu cair menghasilkan kue yang bantat.



5)      Adonan tersebut dimasukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine dan dialapisi kertas roti. Masukkan adonan brownies tersebut ke loyang brownies. Sisanya bisa kalian taruh di tempat lain.


6)      Pastikan kukusan sudah terisi air yang cukup dan sudah dalam keadaan mendidih. Masukkan adonan brownies tersebut ke dalam kukusan selama 25 menit. 


7)      Setelah matang, brownies diangkat dan didinginkan. Brownies diolesi dengan slay cokelat dan ditaburi oleh keju parut dan chocochip.  Kemudian dimasukkan ke dalam kemasan brownies. Alhamdulillah brownies pun telah jadi.


Berikut tips dari gw tentang pembuatan brownies, gampang kan? semoga bermanfaat. Kata istri temen gw sih enak browniesnya, malahan pengen dibuatin lagi..

2 komentar:

  1. Wah, keren banget! Cara & tips pembuatan kuenya detil & jelas bgt. Berguna bgt untuk baking newbie seperti saya. Makasih ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama MilO, selamat mencoba yah... :)

      Hapus